Suka Baca Buku? Waspadai Beberapa Kelainan ini

Banyak manfaat yang bisa didapatkan saat kamu memiliki hobi membaca buku salah satunya menghilangkan stres namun bagaimana jika hobi itu mulai menjadi sesuatu yang tak wajar? Berikut beberapa kelainan atau kecenderungan yang biasa menyerang para pecinta buku dan mungkin juga pernah kamu alami.

1. Bibliophile

Foto: typeset-beta.imgix.net

Bibliophile merupakan orang yang mencintai buku. Orang yang mengidap Bibliophile suka sekali mengoleksi buku bahkan memenuhi rak kamarnya dengan berbagai buku. Bisa dibilang seorang Bibliophile adalah book lover banget. Mereka bukan hanya menyukai buku tapi mereka juga merawatnya dan menata setiap buku berdasarkan kriteria tertentu. Seorang Bibliophile tak segan mengeluarkan uang lebih untuk membeli buku yang ia inginkan.

2. Bibliomania

foto: dailyrecordnews.com

Bibliomania adalah kecanduan terhadap buku. Bisa dikatakan jika seorang Bibliomania memiliki kebiasaan yang lebih gila dari pada Bibliophile. Bagi mereka buku sudah menjadi kebutuhan sehari-hari yang sulit dipisahkan. Bahkan mereka bisa menggunakan segala cara untuk mendapatkan buku yang mereka inginkan, misalnya dengan cara mencuri.

 

3. Abibliophobia

foto: vignette.wikia.nocookie.net

Abibliophobia adalah rasa takut kehabisan bahan bacaan. Cara seorang Abibliophobia mengatasi hal itu adalah dengan menimbun buku sehingga mereka tak perlu khawatir kehabisan bahan bacaan.

4. Bibliobibuli

foto: images.mentalfloss.com

Bibliobibuli adalah seseorang yang terlalu banyak membaca buku. Seorang Bibliobibuli bisa membaca buku dengan cepat sehingga dalam seminggu ia bisa merampungkan banyak buku meski setebal apapun.

5. Librolubicularist

foto: goodereader.com

Librolubicularist adalah seseorang yang suka membaca buku di tempat tidur. Mereka cenderung lebih nyaman dan rileks jika membaca di tempat tidur namun mereka melakukannya hanya saat membaca buku saja. Nah, siapa yang sering kaya gini? Jika kalian sering melakukan hal ini, artinya kalian menderita Librolubicularist.

Itulah beberapa kecenderungan atau kelainan yang mungkin menyerang para pecinta buku. Apakah kamu termasuk ke dalam salah satunya? Ngga perlu khawatir karena selama kita menyukai sesuatu dengan sewajarnya maka tak akan menjadi masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *