Ngobrol-Ngobrol bersama Penulis Darka

Penulis baru yang lahir dari Wattpad kembali hadir, kali ini ada Khairani hasan, gadis asal Aceh kelahiran 27 Desember 1997. Karyanya yang diterbitkan berjudul Darka. Cerita ini bergenre remaja yang mengundang banyak perhatian dari para pembaca wattpad. Kisah ini bercerita tentang Chinta Kalila Pranata, Gadis SMA yang terkenal pintar nan manis. Chinta menyukai seorang siswa bernama Darka sejak SMP, namun tidak disangka-sangka cowok yang disukainya itu malah meminta Chinta untuk menjadi kekasihnya. Tapi hal itu malah membuat Chinta bertanya-tanya. Apakah Darka benar-benar menyukai Chinta atau hanya ingin mempermainkannya saja?

Cerita ini sendiri sudah di publish di wattpad sejak September 2016 dan selalu masuk ke jajaran 3 besar Hot Teenfiction. Wah menarik ya, Lalu dari mana sih sebenernya Khairani mendapat inspirasi dalam menulis Darka?

Walaupun adegan dalam ceritanya banyak terinspirasi dari kehidupan sehari-hari tapi cerita ini, aku ambil dari gambaran sebuah lagu. Judulnya, jangan salahkan cinta milik Arkarna ft Andini. Enggak tau kenapa, walaupun banyak yang bilang. Enggak cocok lagu dengan jalan cerita. Tapi, gambaran aku tentang lagu itu, ya seperti cerita Darka ini. Terus ada satu lagu lagi, milik Maudy Ayunda yang judulnya Ajari aku cinta

Terus, ada fakta unik ngga sih saat proses pembuatan cerita Darka?

“Pernah sih, enggak tau ini fakta unik atau jadi memalukan. Ada dibagian berapa, sangking lamanya aku nggak pernah ngelanjutin nulis Darka. Nama mama nya Darka itu di bagian awal, sama pertengahan jadi beda. Seketika mamanya Darka ada dua, dari awalnya Vega jadi Imel. Untung ada readers yang kasih tahu, kalau enggak! Mungkin sampai saat ini, mama Darka ada dua hehehe”

Wajar si jadi lupa, soalnya banyak pula karakter-karakter yang ada dalam suatu cerita dan mengingat semua jalan cerita plus para karakter emang ngga gampang.

Apa yang membuat Darka berbeda dari novel remaja lainnya?

“Novel Darka ini menceritakan, Chinta si cewek pintar yang manis. Mendapat perlakuan tidak baik dari Darka, padahal status mereka itu pacaran. Novel ini juga menceritakan benci, yang bener-bener benci terus berubah jadi cinta. Bukan hanya sekedar, cewek dan cowok yang saling benci, tapi ujung-unjungnya memiliki perasaan. Jadi, semua readers yang akan baca. Pasti akan dibuat benci, sebenci-bencinya sama sosok Darka. Sampai pengen nampol muka gantengnya. Terus seketika berubah jadi sayang dan cinta sama sosok Darka yang ternyata maksud perlakuan Darka ke Chinta itu baik. Hanya saja, cara dia menunjukkannya itu dengan cara yang beda.

Readers yang baca, pasti merasakan suasana hati yang seperti ini, “Pengen nampol muka ganteng Darka di awal, pengen punya cowok kayak Darka di pertengahan, dibuat bimbang dengan perasaan Darka sampai benci sama cowok itu lagi, diakhir membenci Chinta. Dan, readers akan merakasan kisah pilu Chinta, karena perbuatan Darka sampai baper.”

Novel ini mengambarkan , Kalau orang yang paling kita benci, tidak pernah menutup kemungkinan kalau orang itu yang paling kita sayang, sekaligus orang yang paling menyayangi kita. Di novel ini juga mengambarkan, kalau Karma itu ada. Bukan hanya sebuah kata, yang selalu digunakan orang-orang untuk menakuti orang lain”

Siapa penulis panutan Khairani?

“Aku sih, enggak terlalu banyak tahu soal penulis. Tapi, kalau ditanya orang yang buat aku termotivasi untuk nulis itu. Karena ngelihat ceritanya Dear Nathan punyanya Erisca. Dari baca Dear Nathan, aku jadi termonivasi untuk nyalurin hobi menulis aku juga. Mencoba untuk pede, publish cerita di wattpad. Sampai akhirnya, Darka bisa terbit di Loveable. Erisca, membuat aku termotivasi banget sih. Aku sama dia sama-sama anak kuliah, dengan semester yang sama. Aku banyak belajar dari dia, gimana dengan usia muda. Bisa menghasilkan karya, walaupun dengan kesibukan belajar tiap harinya”

Ini si bisa jadi motivasi buat kita semua ya, terbukti dari Khairani yang mampu membuat sebuah karya ditengah kesibukannya menjadi mahasiswa.

Adakah rencana untuk menulis tema selain remaja?

“Ada. Tapi enggak tau kapan disalurkannya. Pengen banget buat gengre komedi. Soalnya, kalau di rumah, kampus, kalau ngumpul sama temen-temen aku itu paling suka bikin lawakan. Padahal seringnya, garing sih hehehe. Tapi pengen aja coba bikin cerita gengre komedi, biar rada beda. Biasanya kan, kalau gengre remaja itu banyak senyum-senyumnya, bapernya, terus nangis nggak jelas. Sama kayak reaksi baca Darka ini, banyak baper + nangis nya. Tapi kan kalau gengre komedi itu, banyak ketawanya, senyum-senyum nggak jelas. Karena ke konyolan saat baca cerita itu. Jadi, pengen aja bikin pembaca itu ketawa. Daripada nangis teruskan, baca gengre remaja.”

Komedi? Pastinya bakal ditunggu banget ya. Semoga cepat terealisasi.

Lalu gimana si tanggapan dari pembaca wattpad tentang Darka? Berikut beberapa komentarnya:

Bikin penasaran ya? Ngga lengkap rasanya kalo udah baca Darka di Wattpad tapi ngga beli versi sampulnya. Yuk beli Darka sekarang juga 🙂

Kalian juga bisa kepoin Khairani di akun sosial medianya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *