Mau Jadi Book Reviewer? Intip 6 Tips Berikut Ini, Yuk!

Hobi baca? Mungkin dari hobi itu kamu bisa menjadi seorang book reviewer. Emang apa sih book reviewer? Seorang book reviewer biasanya menyampaikan ulasan berupa pendapat atau tanggapan tentang buku yang sudah dibaca, dari mulai hal sepele seperti cover, blurb atau sinopsis sampai jalan cerita. Terus gimana sih caranya jadi book reviewer? Ini dia beberapa tipsnya :

1. Buat Media Khusus untuk Review

Yap, yang pertama harus ada wadah dimana kamu bisa menyampaikan hasil review. Banyak web / sosial media yang bisa kamu gunakan misalnya Blog, Youtube bahkan Instagram. Karena disanalah banyak bermunculan istilah-istilah untuk para book reviewer, seperti Bookstagram, Booktuber, atau Book Bloger. Tapi jika kamu belum berpengalaman / belum tahu cara menjalankan Blog, Youtube, atau yang lainnya, ada cara termudah yaitu dengan mengikuti komunitas review seperti Goodreads.

2. Pahami Buku Lebih Dalam

Ngga bisa kalo kamu cuma sekedar suka baca, kamu juga harus benar-benar memahami isi buku dan menceritakannya dengan sudut pandang lain. Ini akan menjadi poin yang paling menentukan bagi orang yang membaca review kamu. Jika kamu sudah memiliki ciri khas tersendiri dalam me-review suatu buku, kamu bisa dibilang lebih unggul satu poin dibanding reviewer lain.

3. Sesuaikan Metode Penyampaian

Sampaikan secara objektif jika kamu ingin me-review buku non-fiksi namun sebaliknya, sampaikan secara subjektif jika kamu me-review buku fiksi. Kenapa? Karena buku fiksi dan non-fiksi sudah jelas berbeda. Banyak data real yang ada di dalam buku non-fiksi, namun buku fiksi lebih condong kepada imajinasi / karangan.

4. Ikuti Komunitas Buku

Yang selanjutnya, kamu bisa mengikuti komunitas buku baik offline maupun online. Hal itu bisa menambah wawasan sekaligus media promosi juga, loh. Sudah capek-capek bikin blog / video review dengan baik, tapi semua itu bakal percuma kalau ngga ada yang liat kan? Itulah kenapa kita butuh promosi.

5. Belajar Photography / Editing Video

Selain menyampaikan review dengan tulisan, satu hal lagi yang perlu kamu perhatikan yaitu skill editing foto maupun video. Hal itu akan sangat penting apalagi jika kamu berniat menjadi Booktuber (sebutan bagi seseorang yang me-review dalam bentuk video di Youtube), semakin kece foto / video yang kamu sajikan, semakin besar pula kesempatan untuk mendapat viewer / pembaca.

6. Follow Akun Media Sosial Publisher / Toko Buku Online

Semakin banyak kamu tahu, semakin besar pula kesempatan datang. Itulah alasan kenapa kamu wajib kepo-in berbagai publisher terutama akun sosial medianya karena dari sana kamu bakal tahu perkembangan tentang buku dan informasi buku yang sedang booming, dari situ jugalah kamu punya bahan referensi buku apa aja yang bisa kamu review dan berpotensi paling banyak dicari.

Jadi, tunggu apalagi? Masih ragu untuk memulai review buku pertamamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *