Janshen, “Teman” Risa yang Menggemaskan

Risa Saraswati – Penulis asal Bandung ini kembali menerbitkan buku terbarunya yang berjudul Janshen. Bagi yang sudah membaca karya-karya Risa yang lain seperti Peter, Hendrick, Hans atau William pasti sudah menunggu kisah anak ompong yang satu ini untuk melengkapi koleksi mereka. Karakter Janshen sendiri pernah digambarkan di dalam film Danur: I Can See Ghost namun kisah hidupnya tak diceritakan secara rinci.

foto: media.tabloidbintang.com

Kabarnya Risa bertemu dengan kelima “sahabatnya” itu ketika masih berumur 9 tahun dan Risa tidak mengira bahwa anak-anak yang ditemuinya merupakan hantu. Setelah beberapa saat ia baru menyadari jika kelima anak yang selalu bermain bersamanya adalah mahluk halus. Janshen dan keempat kawan-kawannya memiliki lagu kesukaan berjudul Boneka Abdi dan lagu itu pula yang Risa nyanyikan saat memanggil mereka. Risa mengungkapkan jika Peter,Hans, Hendrick, William dan Janshen adalah korban invasi Jepang dimasa penjajahan Belanda, yang lebih parahnya salah satu diantara mereka meninggal dalam keadaan badan terpisah dengan kepala. Lalu apakah kisah hidup Janshen juga akan se-tragis kisah keempat temannya yang lain?

Blurb:

“Risa… terima kasih, biarpun kau jelek, aku menyayangimu. Sama seperti sayangku kepada Annabelle. Jangan berhenti menemuiku karena menemuimu membuatku merasa hidup.”
—Jantje Heinrich Janshen—

Selama ini kita memanggilnya “Janshen”, padahal itu adalah nama belakang keluarganya. Sejak lahir, anak ini dianggap sebagai pembawa kebahagiaan karena siapa pun yang ada di sekitarnya selalu merasa bahagia. Tak ada yang mau tahu bagaimana kisah hidupnya. Semua sahabat hantuku tak tertarik mencari tahu karena masalah terberat seorang Janshen hanyalah gigi ompong yang membuat anak itu menjadi bulan-bulanan. Kupikir hidupnya selalu menyenangkan, kupikir harinya selalu dipenuhi tawa. Ternyata aku salah, anak sekecil dan selucu dia harus menghadapi banyak masalah hingga akhir hidup. Selamat datang di kehidupan si hantu ompong favoritku. Selamat menyelami sisi gelap masa lalunya.

Penasaran? Kalian bisa mendapatkan buku Janshen + bonus poster di Pre-Order Grobmart periode 1-8 Oktober 2017. Jangan sampai ketinggalan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *