Istilah – Istilah yang Wajib Kamu Tahu saat Berbelanja Online

Apa alasan kamu saat memilih berbelanja online? Yang pertama, pasti karena kemudahannya bukan? Tinggal klik, bayar dan barang langsung dikirim ke rumah. Tapi apa kamu benar-benar sudah mengetahui istilah-istilah yang sering digunakan online shop seperti return atau yang lainnya? Ada baiknya sebelum kamu melakukan transaksi online, kamu mengerti istilah-istilah di dalamnya. Hal itu akan membantu mempermudah transaksi yang kamu lakukan.  Yuk, cari tahu sekarang!

 

1. Wishlist

Wishlist adalah daftar produk yang ingin dibeli. Kamu suka liat produk-produk kece tapi belum bisa beli karena mahal? disitulah kegunaan wishlist. Kamu bisa memasukan barang / produk yang lagi pengen dibeli ke dalam wishlist, saat kamu benar-benar berniat membelinya, kamu tinggal cek daftar wishlist tanpa perlu repot lagi mencari produk tersebut. Terus gimana caranya menambahkan produk ke dalam menu wishlish? Caranya mudah, tinggal klik tombol wishlist yang biasanya terletak didekat gambar produk dan otomatis barang tersebut masuk ke dalam menu wishlist kamu. Gimana? Sangat membantu kan?

2. Pre-Order

Yang selanjutnya ada PO (Pre-Order). Banyak costumer dari online shop yang tak memahami apa itu Pre-Order bahkan sampai komplain kenapa barang / produk yang mereka beli tak kunjung dikirim. Sebelum membeli alangkah baiknya kalian mengerti dan tau apa itu produk Pre-Order. Pre-Order adalah sistem pembelian barang dengan memesan dan membayar terlebih dahulu sebelum proses produksi dimulai, dengan periode tunggu (estimasi/perkiraan) sampai barang tersedia. Memang butuh kesabaran saat kita membeli produk Pre-Order karena harus menunggu hingga barang diproduksi.

3. Return

Barang udah nyampe tapi ngga sesuai keinginan? Kamu bisa menggunakan fasilitas return, hampir seluruh online shop memiliki fasilitas return namun dengan kebijakan yang berbeda-beda. Intinya sama, ingin membuat customer merasa aman jika terjadi kesalahan pengiriman atau terjadi kerusakan. Terus apa sih return? Return adalah pengembalian barang / produk yang dilakukan oleh konsumen apabila produk tersebut tidak sesuai dengan keinginan.

4. Refund

Konsepnya sama dengan return, namun refund bukanlah pengembalian barang melainkan pengembalian dana. Biasanya hal ini terjadi dikarenakan adanya pembatalan transaksi atau prduk yang dibeli tidak tersedia namun customer terlanjur melakukan pembayaran.

5. Cashback

Sering tergiur mendengar kata cashback? Tapi apa sih cashback?
Hampir sama seperti diskon, dengan adanya cashback customer bisa mendapat penawaran pengembalian uang tunai atau virtual saat bertransaksi dengan mengikuti ketententuan tertentu sebagai syarat. Bedanya, kalau diskon bisa kamu dapatkan diawal, sementara cashback di akhir setelah proses transaksi selesai.

6. Dropship

Pengen berbisnis tapi ngga punya barang yang mau dijual? Gampang, kamu cukup jadi dropshipper. Sebelum itu kamu harus tau apa itu drosphip, dropship adalah metode jual beli dimana penjual (dropshipper) tidak melakukan stok maupun melakukan proses pengiriman. Terus gimana jualannya dong? Jika kamu berminat menjadi dropshipper, cukup tawarkan produk melalui online dan saat ada yang memesan, kamu tinggal memesannya kepada supplier lalu supplier akan mengirimkan pesanan tersebut kepada pembeli dengan menyertakan brand jualan kamu, seolah-olah kamu lah yang mengirimkan pesanan tersebut.

7. Out of Stock

Baru gajian dan pengen belanja online tapi ngga bisa? Itu artinya produk / barang yang kamu inginkan berstatus out of stock. Bisa dibilang jika out of stock sama aja kaya sold out alias habis. Biasanya barang atau produk yang berstatus out of stock tidak dapat dibeli atau tidak terdapat tombol beli atau bisa juga hanya dilabeli tanda khusus.

8. COD

Banyak yang belum mengerti apa itu COD dan bagaimana cara kerjanya. COD / Cash On Delivery adalah metode pembayaran secara langsung, maksudnya kamu bayar ketika barang sampai. Ngga perlu transfer dan ngga perlu melakukan konfirmasi pembayaran. Sangat praktis bagi kamu yang malas transfer melalui bank / ATM namun perlu di ingat, pastikan kamu berada dirumah saat barang datang ya.

 

Itulah beberapa istilah yang sering digunakan dalam perniagaan online. Sekarang kamu jadi lebih tahu bukan? jadilah pembeli yang cerdas ya, readers.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *